Taksonomi Bloom Domain Kognitif
Taksonomi Bloom
Taksonomi merujuk pada tujuan pendidikan, taksonomi ini
pertama kali dirancang oleh Benjamin
S. Bloom pada tahun 1956. Menurut Bloom, tujuan pendidikan dibagi
menjadi beberapa domain dan setiap ranah atau domain tersebut dibagi kembali ke
dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
3 domain pembelajaran
taksonomi bloom |
2. Afektif : yang berisi perilaku yang menekankan pada aspek prasaan dan emosi seperti minat, sikap
3. Psikomotor: yang berisi perilaku yang menekankan pada aspek keterampilan motorik, seperti tulisan tangan
Pada pembahasan kali ini
saya akan membahas mengenai Domain Kognitif secara mendalam mulai dari level rendah hingga level tertinggi.
Domain Kognitif
Pada
ranah ini mencakup dengan kemampuan mental atau berpikir, kompetensi memperoleh pengetahuan,
pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan dan penalaran. Dalam ranah
kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir, mulai dari
jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Yang dilambangkan
dengan ‘C’ cognitive.
level c1 - c6 |
- Pengetahuan (knowledge)
Adalah
kemampuan seseorang untuk mengingat-ingat kembali (recall) atau mengenali
kembali tentang nama, istilah, ide, rumus-rumus, fakta, urutan dan sebagainya,
tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunkannya. Pengetahuan merupakan proses
berfikir yang paling rendah.
contohnya peserta didik dapat
menghafal surat al-fatihah menerjemahkan dan guru Pendidikan Agama Islam di
sekolah. Di jenjang ini, peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan dengan
hapalan saja.
- Pemahaman (comprehension)
Adalah
kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah diketahui dan
diingat. Jadi ,memahami adalah mengetahui tentang sesuatu dan dapat melihatnya
dari berbagai segi. Seseorang peserta didik dikatakan memahami sesuatu apabila
ia dapat memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang hal
itu dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Pemahaman merupakan jenjang
kemampuan berfikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan atau hafalan.
pemahaman diartikan dalam bentuk
1.
translasi : mengubah
dari satu bentuk ke bentuk lain
2.
interpretasi
: menjelaskan atau merangkum materi
3.
ekstrapolasi : memperpanjang/memperluas
arti/memaknai data
contoh : Peserta didik dapat menguraikan tentang makna kedisiplinan yang terkandung dalam surat al-’Ashar secara lancar dan jelas dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada jenjang ini peserta didik diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.
- Penerapan (application)
Adalah
kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau menggunakan ide-ide umum, tata cara
ataupun metode-metode, prinsip-prinsip, rumus-rumus, teori-teori dan sebagainya
yang dapat digunakan secara nyata. Penerapan ini adalah merupakan proses
berfikir setingkat lebih tinggi ketimbang pemahaman.
contoh : peserta didik mampu
memikirkan tentang penerapan konsep kedisiplinan yang diajarkan Islam dalam
kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Dan menggunakan aturan dalam menghitung gaji pegawai
- Analisis (analysis)
Adalah kemampuan seseorang untuk merinci atau
menguraikan suatu bahan atau materi menurut bagian-bagian yang lebih kecil
dengan menemukan asumsi, dan membedakan pendapat dan fakta serta menemukan
hubungan sebab akibat, sehingga
struktur informasi serta hubungan antar komponen
informasi tersebut menjadi jelas.
Contoh: Peserta
didik dapat merenung dan memikirkan dengan baik tentang wujud nyata dari
kedisiplinan seorang siswa dirumah, disekolah, dan dalam kehidupan sehari-hari
di tengah-tengah masyarakat, sebagai bagian dari ajaran Islam. Dan peserta
didik dapat menganalisa penyebab meningkatnya harga beras dalam laporan
keuangan denganmemisahkan komponennya
- Sintesis (syntesis)
Sisntesis merupakan suatu proses yang memadukan
bagian-bagian atau unsur-unsur yang terpisah menjadi suatu keseluruhan yang
terpadu. Atau menjadi suatu pola baru. Di jenjang ini peserta didik dituntut
menghasilkan hipotesis atau teorinya sendiri dengan memadukan berbagai ilmu dan pengetahuan.
Sintesis dimaknai sebagai kemampuan untuk
memproduksi, berupa
1.
memproduksi komunikasi yang unik
2.
memproduksi rencana atau kegiatan yang utuh
3.
menghasilkan/memproduksi seperangkat hubungan
abstrak
Contohnya : peserta
didik dapat menulis karangan tentang pentingnya kedisiplinan sebagiamana telah
diajarkan oleh Islam dan menyusun kurikulum dengan mengintregasikan pendapat
dan materi dari beberapa sumber
- evaluasi (evaluation)
evaluasi
disini merupakan kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu
kondisi, nilai atau ide,uraian berdasarkan kriteria tertentu yang sudah
ditetapkan.
Contohnya jika seseorang dihadapkan pada beberapa
pilihan maka ia akan mampu memilih satu pilihan yang terbaik sesuai dengan
patokan-patokan atau kriteria yang ada. seseorang dipandu untuk mendapatkan
pengetahuan baru,
pemahaman
yang lebih baik, penerapan baru serta cara baru yang unik dalam analisis dan
sintesis.
ada dua bentuk tingkat (level)
evaluasi menurut Bloom, yaitu:
1.
penilaian
atau evaluasi berdasarkan bukti internal
2.
evaluasi
berdasarkan bukti eksternal. Contoh:
Membandingkan hasil ujian siswa dengan kunci jawaban.
kesimpulan
Jadi, Taksonomi Bloom pada domain pembelajaran kognitif terdiri dari 6
level. Yaitu : Pengetahuan (knowledge) , Pemahaman
(comprehension), Penerapan (application), Analisis (analysis), Sintesis
(syntesis) , dan evaluasi (evaluation). Pada domain kognitif ini sering
digunakan dalam merumuskan tujuan belajar yang sering kita kenal dengan istilah
C1 sampai dengan C6. dimana aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, memecahkan masalah, menggabungkan beberapa ide, gagasan atau metode.
How to Play Pai Gow Poker | BetRivers Casino - Wolverione
BalasHapusPai Gow worrione Poker is an online version of a traditional table game in which players place bets 출장안마 in the background. 출장샵 Pai Gow 유로 스타 도메인 Poker uses only the symbols 인터넷 바카라 사이트 from a