5 Aliran Psikologi dalam Pembelajaran


5 Aliran Psikologi dalam Pembelajaran



Dengan berkembangnya psikologi dalam pendidikan maka bermunculan juga berbagai teori tentang belajar, dengan adanya pengetahuan belajar maka psikologi dalam pendidikan semakin berkembang. Dalam perkembangan aliran psikologi ini kita harus mengetahui dan mengerti aliran psikologi seperti yang akan dibahas.


1. Aliran Humanisme
Aliran Humanisme dimana aliran ini mulai ditinggalkan
·         Menekankan pada kebebasan individu
Aliran ini menitik beratkan pada kebebasan individu dalam mengemukakan pendapat dan menentukan pilihan. Peserta didik beba menentukan apa yang harus dipelajari, bagaimana mempelajarinya dan dimana proses belajar tersebut
·         Berorientasi pada siswa
Siswa yang berorientasi dan guru yang memperhatikan cara belajar siswa, seemakin aktif siswa maka semakin berinteraksi dengan lingkungan. Siswa dapat mengevaluasi diri nya serta dapat mengembangkan kreativitasannya
·         Guru berperan sebagai fasilitator
Disini peran guru hanyalah sebagai pembantu siswa sebagai pemancing inisiatif belajar siswa namun tidak dengan mengarahkan jalan pikirannya dan membantu mengembangkan dirinya serta mewujudkan potensi yang ada dalam diri siswa
            Tokoh : Bloom, Krathwohl, Carl R. Rogers, dan Maslow 


2. Aliran behavioristik
aliran behavioristik dimana aliran ini masih ada pada masa ini
·         Pengelolaan kondisi belajar untuk perubahan prilaku siswa
·         Perubahan prilaku belajar harus diamati akibat stimulus
Behavioristik ialah aliran tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Manusia lahir tanpa bakat apapun melainkan manusia berkembang dengan stimulusnya yang didapat dari lingkungan sekitar. Belajar merupakan akibat andanya interaksi antara stimulus dengan respon. Tingkah laku manusia itu dapat di kendalikan sesuai dengan ganjaran atau kedisiplinan.Guru akan memberikan stimulus lalu siswa akan merespon apa yang disampaikan guru.apa yang diberikan kepada guru dan apa yang diterima oleh siswa dapat di ukur dan diamati. Bila penguatan ditambahkan maka respon semakin kuat.
Tokoh : Pavlov, Guthric, Watson,Skinner, Clark L. Hull


3. Aliran Kognitifisme
Aliran kognitifisme adalah dimana tingkat perkembangan berfikir siswa dipengaruhi oleh
·         Kematangan intelektual
·         Interaksi dengan lingkungan
·         Transmisi social
Kognitifisme berkaitan dengan cara manusia berfikir dalam memperoleh pengetahuan , mengolah kesan yang masuk melalui indra, pemecahan masalah, menggali ingatan dan prosedur kerja sesuai kehidupan sehari hari. Kognitif bukan hanya menggali kognitif saja melainkan dari afektif.proses pembelajaran kognitifisme melibatkan lingkungan peseerta didik, seperti metode, bahan ajar dan sarana yang diatur oleh pengajar sesuai karakteristik peserta didik . semakin banyak berinteraksi dengan lingkungan maka pengetahuannya semakin berkembang.
Tokoh : Gagne, J. Piaget Irving Sigel, E.Sulivan, J.S. Bruner


4.  Aliran Konstruktifisme
·         Peserta didik berfikir sendiri untuk memakai suatu peristiwa
·         Berfikir kolaboratif untuk berbagai makna atas satu peristiwa
·         Menghubungkan pengalaman awal dengan peristiwa belajar
Kontruktifisme mengacu pada pengembangan kemampuan peserta didik untuk membangun atau menkonstruksikan pengalaman lama dengan baru .Siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan secara kompleks, memecahkan masalah, menemukan sesuatu untuk dirinya sendiri dan menggunakan ide ide yang ia punya . guru mendrong agar siswa bisa menerapkan ide idenya sendiri, belajar dengan pengalaman kontekstual, konkrit dan bermakna dan juga menyediakan sumber instruksional baik berupa narasumber ataupun benda/ teknologi. Setelah itu siswa di harapkan dapat mencari informasi yang berguna bagi dirinya sendiri.
Tokoh : John Dewey, Jean Piaget, Maria Montessori, Lev Vygotsky  


5. Aliran Ciberetik
·         Manusia pemroses informasi dan pembuat respon yang aktif
·         Manusia belajar secara sistematik dan sistemik
·         Manusia mengoorganisasikan apa yang telah diketahui nya
Aliran ini seperti otak manusia yang aktif memproses informasi seperti computer dan teknologi informasi. Maksudnya adalah manusia aktif dalam mencari bukanya pasifdalam menerima. Peserta didik mencari informasi untuk memecahkan masalah dan mencari kesimpulanya dengan hasil yang baru,
Tokoh : Hilda Taba, David Ausubel

Dari kelima aliran di atas tidak selalu sejalan antara aliran satu dengan aliran lainnya ,namun ada hal yang sama dari aliran tersebut bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh dua variable, yaitu bakat dan lingkungan.



DEWI YUNITA PRABANDARI
1101617101
TP - C

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN HANNAFIN DAN PECK

12 prinsip prinsip pembelajaran menyenangkan

Domain Pembelajaran Afektif