CONTOH PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SISTEM



CONTOH PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SISTEM 


pembelajaran sebagai sistem

Komponen input


  • - kurikulum

Kurikulum pada tahun 2013 dilakukan evaluasi, revisi dan pengembangan kurikulum untuk menyesuaikan dengan sistem Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada kurikulum ini siswa lah yang berperan aktif dalam proses belajar sedangkan guru hanya memfasilitasi belajar siswa. Contohnya : teori tentang pengembangan kurikulum kimia, organisasi kurikulum kimia, isi kurikulum kimia, dan model-model pengem-bangan kurikulum kimia.



  •  peserta

 Peserta nya ialah siswa atau peserta didik yang menggunakan kurikulum tersebut



  • instruktur

Tentu perlunya guru atau pengajar yg handal dalam bidang kimia ini supaya pengajar bisa memberikan pembentukan pembelajaran kimia kepada peserta didik



  • sarana dan prasarana

Sarana yang diperlukan dapat berupa buku praktik , perpustakaan, laboratorium, meja bangku, alat praktikum dan alat peraga sedangkan prasarana yang dibutuhkan seperti gedung, bangunan sekolah, ruang laboratorium,  penerangan


Komponen proses


  • bahan ajar atau materi

Bahan ajar atau materi harus sesuai dengan TIU tujuan instruksional umum. Materi mengenai pembelajaran kimia, serta materi harus didesain terlebih dahulu sesuai dengan tujuan karna materi  merupakan inti dalam proses pembelajaran. Misalnya materi unsur kimia, teori bohlr dll



  • metode
Metode yang digunakan dalam pembelajaran kimia bisa dengan metode demonstrasi yaitu dengan memperagakan suatu kegiatan, metode eksperimen yaitu sesuatu latihan atau percobaan untuk mengetahui pengaruh atau akibat dari sesuatu aksi seperti dalam kita menguji sebuah larutan tersebut apakah mengandung unsur unsur yang ingin diketahui dan metode tanya jawab yaitu apabila guru bertanya kepada peserta didik atau sebaliknya mengenai apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran atau sesudah melakukan pembelajaran .



  • media

Media yang bisa digunakan dalam pembelajaran kimia bisa berupa modul yang berisikan materi atau rumus kimia
Media visual untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup dan organ tanaman. Dalam kimia ini sulit diterapkan karena tidak semua pelajaran kimia dapat menggunakan model ini, karena sifat kimia yang abstrak.
Model tiruan  untuk mempelajari sistem gerak, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf pada hewan. 
Skema atau diagram yang menjelaskan pertumbuhan sel hingga organisme dan terakhir adalah media 3 dimensi dalam materi ikatan kimia atau pun dalam menjelaskan materi tentang bentuk molekul.



  • evaluasi

  Dalam evaluasi menentukan nilai atau pengukuran denhan mengumpulkan data dari tiap peserta didik guna mengetahui sudah berhasil atau belumkah pembelajaran yang sudah diterima selama tujuan pembelajaran ini. Seperti diadakanya test



  • PBP

Dalam proses belajar pembelajaran diperlukan situasi yang kondusif dan lingkungan yang memadai adanya peratalatan guna menunjang kenerhasilan baik dalam pembelajaran maupun dalam praktikum supaya jalanya pembelajaran dan praktikum dapat terkendali


Output


  • Peserta dengan kompetensi tertentu

Dari komponen input, proses dan Output tersebut siswa diharapkan bisa tau dan mendapat peningkatan belajar dan mengevaluasi belajar tersebut agar mengerti lebih tentang pembelajaran kimia


Umpan balik
Umpan balik dari contoh pembelajaran kimia sebagai sistem ini adalah siswa mengetahui tentang apa yang dipelajari nya, materi apa yang peserta didik kuasai dan mengetahui media yang digunakannya

Kesimpulan
Dari contoh pembelajaran kimia sebagai sistem ini kita tahu bahwa memerlukan beberapa komponen agar bisa dikatakan sistem dan dikatakan sistem bila adanya feedback. Dari komponen tersebut meliputi input sebagai masukan yang terdiri dari kurikulum, peserta dan sarana prasarana. Dalam komponen proses meliputi materi, media, metode, evaluasi dan PBP sedangkan dalam Output meliputi peserta dengan kompetensi tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN HANNAFIN DAN PECK

12 prinsip prinsip pembelajaran menyenangkan

Domain Pembelajaran Afektif