CONTOH PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SISTEM
CONTOH
PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SISTEM
pembelajaran sebagai sistem |
Komponen
input
- - kurikulum
Kurikulum pada tahun 2013 dilakukan evaluasi,
revisi dan pengembangan kurikulum untuk menyesuaikan dengan sistem Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada kurikulum ini siswa lah yang
berperan aktif dalam proses belajar sedangkan guru hanya memfasilitasi belajar
siswa. Contohnya : teori tentang pengembangan kurikulum kimia, organisasi
kurikulum kimia, isi kurikulum kimia, dan model-model pengem-bangan kurikulum
kimia.
- peserta
Peserta nya ialah siswa atau peserta didik
yang menggunakan kurikulum tersebut
- instruktur
Tentu perlunya guru atau pengajar yg handal
dalam bidang kimia ini supaya pengajar bisa memberikan pembentukan pembelajaran
kimia kepada peserta didik
- sarana dan prasarana
Sarana
yang diperlukan dapat berupa buku praktik , perpustakaan, laboratorium, meja
bangku, alat praktikum dan alat peraga sedangkan prasarana yang dibutuhkan
seperti gedung, bangunan sekolah, ruang laboratorium, penerangan
Komponen
proses
- bahan ajar atau materi
Bahan
ajar atau materi harus sesuai dengan TIU tujuan instruksional umum. Materi
mengenai pembelajaran kimia, serta materi harus didesain terlebih dahulu sesuai
dengan tujuan karna materi merupakan
inti dalam proses pembelajaran. Misalnya materi unsur kimia, teori bohlr dll
- metode
- media
Media
yang bisa digunakan dalam pembelajaran kimia bisa berupa modul yang berisikan
materi atau rumus kimia
Media
visual untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk
hidup dan organ tanaman. Dalam kimia ini sulit diterapkan karena tidak semua
pelajaran kimia dapat menggunakan model ini, karena sifat kimia yang abstrak.
Model
tiruan untuk mempelajari sistem gerak,
pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf pada
hewan.
Skema
atau diagram yang menjelaskan pertumbuhan sel hingga organisme dan terakhir
adalah media 3 dimensi dalam materi ikatan kimia atau pun dalam menjelaskan
materi tentang bentuk molekul.
- evaluasi
Dalam evaluasi menentukan nilai atau
pengukuran denhan mengumpulkan data dari tiap peserta didik guna mengetahui
sudah berhasil atau belumkah pembelajaran yang sudah diterima selama tujuan
pembelajaran ini. Seperti diadakanya test
- PBP
Dalam proses belajar pembelajaran diperlukan
situasi yang kondusif dan lingkungan yang memadai adanya peratalatan guna
menunjang kenerhasilan baik dalam pembelajaran maupun dalam praktikum supaya
jalanya pembelajaran dan praktikum dapat terkendali
Output
- Peserta dengan kompetensi tertentu
Dari
komponen input, proses dan Output tersebut siswa diharapkan bisa tau dan
mendapat peningkatan belajar dan mengevaluasi belajar tersebut agar mengerti
lebih tentang pembelajaran kimia
Umpan
balik
Umpan
balik dari contoh pembelajaran kimia sebagai sistem ini adalah siswa mengetahui
tentang apa yang dipelajari nya, materi apa yang peserta didik kuasai dan
mengetahui media yang digunakannya
Kesimpulan
Dari
contoh pembelajaran kimia sebagai sistem ini kita tahu bahwa memerlukan
beberapa komponen agar bisa dikatakan sistem dan dikatakan sistem bila adanya
feedback. Dari komponen tersebut meliputi input sebagai masukan yang terdiri
dari kurikulum, peserta dan sarana prasarana. Dalam komponen proses meliputi
materi, media, metode, evaluasi dan PBP sedangkan dalam Output meliputi peserta
dengan kompetensi tertentu.
Komentar
Posting Komentar