PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM



PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM

 
Pembelajaran  dapat diartikan sebagai usaha sadar pendidik untuk membantu peserta didik agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.
Sistem adalah komponen, benda, peristiwa, atau kejadian yang satu sama lain saling berkaitan yang terdiri dari bagian bagian kecil serta seluruh bagian saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang optimal dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut scott (1996) "sistem terdiri dari unsur unsur masukan (input), pengolahan ( processing) dan pengeluaran (output)"
pembelajaran sebagai sistem adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dimana pengajar sebagai penyedia sumber belajar sehingga guru atau pengajar mampu mengelola semua komponen agar mencapai tujuan yang di inginkan.
adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan akan terjadi umpan balik (feedback).

Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan akan terjadi umpan balik (feedback).

Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan akan terjadi umpan balik (feedback).

Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan akan terjadi umpan balik (feedback).

Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
Pembelajaran dapat dikatakan sebagai sistem apabila adanya feedback.

pembelajaran sebagai sistem

Komponen input

  • kurikulum
Kurikulum mengandung pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa guna mencapai suatu tingkat atau segala sesuatu yang berpengaruh terhadap pembentukan pribadi siswa sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam sebuah pembelajaran perlu adanya kurikulum, jika tidak pembelajaran tidak akan terkondisi. Karna kurikulum harus didesain terlebih dahulu

  •  peserta
Peserta atau siswa tersebut lah yang akan menggunakan kurikulum yang digunakan untuk mengikuti program pendidikan di sekolah ataupun lembaga pendidikan dan dibawah didikan guru


  • instruktur
Instruktur, guru atau pengajar berperan dalam pembentukan pendidikan , mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih yang profesional.  dapat menentukan berbagai langkah dalam memanfaatkan sumber dan fasilitas yang ada

  •  sarana dan prasarana
Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung kelancaran proses pembelajaran tersebut misalnya alat pelajaran, media pembelajaran, perlengkapan dan lain lain. Sedangkan prasarana segala sesuatu yang tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran contohnya perjalanan menuju tempat tujuan, kamar kecil, ruangan, penerangan dan lain sebagainya.


Komponen proses
  • bahan atau materi ajar
Belajar mengajar perlu adanya materi atau bahan ajar,  materi harus didesain sesuai dengan karakteristik siswa tersebut sehingga cocok mencapai tujuan pembelajaran dengan memperhatikan komponen yang lain. Pemilihan materi tidak boleh asal asalan, harus  memberikan kecakapan dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran merupakan inti dalam proses pembelajaran.

  • metode
Metode adalah cara penyajian bahan pelajaran yang digunakan untuk Guru pada saat menyajikan bahan pelajaran atau materi baik secara individu maupun kelompok serta digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar berhasil

  • media
media adalah perantara, pengantar atau saluran pesan dari pengirim kepada penerima pesan serta dapat mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu belajar. Dalam pemilihan media juga harus mendapat pengaruh baik dan memperlancar interaksi antara pengajar dan peserta didik serta pembelajaran akan efektif dalam hal tenaga dan juga waktu.

  • evaluasi
Evaluasi adalah suatu tindakan menentukan nilai  atau pengukuran akan suatu hal dan mengumpulkan data guna mengetahui sebab  akibat dari hasil belajar siswa yang dapat mendorong, mengembangkan dan menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan evaluasi ini ialah untuk melihat sejauh mana keberhasilan atau kekurangan mengajar dan belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik.

  •  PBP ( proses belajar pembelajaran)
Lingkungan pembelajaran merupakan komponen PBP yang sangat penting demi suksesnya belajar siswa. Lingkungan ini mencakup lingkungan fisik, lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan psikologis pada waktu PBP berlangsung.



komponen Output
  • Peserta dengan kompetensi tertentu.
Peserta didik diharapkan mengerti dan tahu pembelajaran apa yang akan digunakannya. Serta peserta mendapat peningkatan belajar atas setiap komponen tersebut. Semua komponen itu harus sesuai dan didayagunakan untuk mencapai tujuan proses belajar pembelajaran yang se efsien mungkin.

Umpan balik
Adanya komponen tersebut dikatakan sistem bila adanya umpan balik.


Kesimpulan
Jadi pembelajaran  sebagai sistem adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan guru dimana guru  berperan sebagai sumber belajar sehingga seorang pengajar mampu mengelola komponen dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan diharapkan terjadinya feedback. Komponen-komponen tersebut ialah : kurikulum, guru, siswa, metode, media dan evaluasi. Komponen – komponen tersebut saling berkaitan antara satu sama lain, apabila salah satu komponen tersebut tidak ada maka pembelajaran tidak akan optimal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN HANNAFIN DAN PECK

12 prinsip prinsip pembelajaran menyenangkan

Domain Pembelajaran Afektif