PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM
PEMBELAJARAN
SEBAGAI SISTEM
Pembelajaran dapat diartikan sebagai usaha sadar pendidik
untuk membantu peserta didik agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan
dan minatnya.
Sistem adalah komponen, benda, peristiwa, atau kejadian yang satu
sama lain saling berkaitan yang terdiri dari bagian bagian kecil serta seluruh
bagian saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang optimal dan sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut
scott (1996) "sistem terdiri dari unsur unsur masukan (input), pengolahan
( processing) dan pengeluaran (output)".
pembelajaran sebagai sistem adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dimana pengajar sebagai penyedia sumber belajar sehingga guru atau pengajar mampu mengelola semua komponen agar mencapai tujuan yang di inginkan.
pembelajaran sebagai sistem adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dimana pengajar sebagai penyedia sumber belajar sehingga guru atau pengajar mampu mengelola semua komponen agar mencapai tujuan yang di inginkan.
adalah suatu kegiatan
yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini
guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu
mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang
diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan
akan terjadi umpan balik (feedback).
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
adalah suatu kegiatan
yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini
guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu
mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang
diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan
akan terjadi umpan balik (feedback).
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
adalah suatu kegiatan
yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini
guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu
mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang
diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan
akan terjadi umpan balik (feedback).
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
adalah suatu kegiatan
yang dilakukan oleh seorang guru secara instruksional yang mana disini
guru sebagai penyedia sumber belajar sehingga seorang guru harus mampu
mengelola semua komponen-komponen agar dapat mencapai suatu tujuan yang
diinginkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu menerima dan
akan terjadi umpan balik (feedback).
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
Cheap Offers: http://bit.ly/gadgets_cheap
Pembelajaran dapat dikatakan sebagai
sistem apabila adanya feedback.
Komponen
input
- kurikulum
Kurikulum
mengandung pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau
diselesaikan siswa guna mencapai suatu tingkat atau segala sesuatu yang
berpengaruh terhadap pembentukan pribadi siswa sesuai dengan tujuan pendidikan.
Dalam sebuah pembelajaran perlu adanya kurikulum, jika tidak pembelajaran tidak
akan terkondisi. Karna kurikulum harus didesain terlebih dahulu
- peserta
- instruktur
Instruktur, guru atau pengajar berperan dalam
pembentukan pendidikan , mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih yang
profesional. dapat menentukan berbagai
langkah dalam memanfaatkan sumber dan fasilitas yang ada
- sarana dan prasarana
Sarana
adalah segala sesuatu yang mendukung kelancaran proses pembelajaran tersebut
misalnya alat pelajaran, media pembelajaran, perlengkapan dan lain lain.
Sedangkan prasarana segala sesuatu yang tidak langsung dapat mendukung
keberhasilan proses pembelajaran contohnya perjalanan menuju tempat tujuan,
kamar kecil, ruangan, penerangan dan lain sebagainya.
Komponen
proses
- bahan atau materi ajar
Belajar
mengajar perlu adanya materi atau bahan ajar,
materi harus didesain sesuai dengan karakteristik siswa tersebut
sehingga cocok mencapai tujuan pembelajaran dengan memperhatikan komponen yang
lain. Pemilihan materi tidak boleh asal asalan, harus memberikan kecakapan dalam memecahkan masalah
kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran merupakan inti dalam proses
pembelajaran.
- metode
Metode
adalah cara penyajian bahan pelajaran yang digunakan untuk Guru pada saat
menyajikan bahan pelajaran atau materi baik secara individu maupun kelompok
serta digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar berhasil
- media
media adalah perantara, pengantar atau saluran
pesan dari pengirim kepada penerima pesan serta dapat mengefektifkan komunikasi
dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang berfungsi
sebagai alat bantu belajar. Dalam pemilihan media juga harus mendapat pengaruh
baik dan memperlancar interaksi antara pengajar dan peserta didik serta
pembelajaran akan efektif dalam hal tenaga dan juga waktu.
- evaluasi
Evaluasi
adalah suatu tindakan menentukan nilai
atau pengukuran akan suatu hal dan mengumpulkan data guna mengetahui
sebab akibat dari hasil belajar siswa
yang dapat mendorong, mengembangkan dan menentukan keberhasilan siswa dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan evaluasi ini ialah untuk melihat sejauh
mana keberhasilan atau kekurangan mengajar dan belajar peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemampuan peserta didik.
- PBP ( proses belajar pembelajaran)
Lingkungan
pembelajaran merupakan komponen PBP yang sangat penting demi suksesnya belajar
siswa. Lingkungan ini mencakup lingkungan fisik, lingkungan sosial, lingkungan
alam, dan lingkungan psikologis pada waktu PBP berlangsung.
komponen Output
- Peserta dengan kompetensi tertentu.
Peserta
didik diharapkan mengerti dan tahu pembelajaran apa yang akan digunakannya.
Serta peserta mendapat peningkatan belajar atas setiap komponen tersebut. Semua
komponen itu harus sesuai dan didayagunakan untuk mencapai tujuan proses
belajar pembelajaran yang se efsien mungkin.
Umpan
balik
Adanya
komponen tersebut dikatakan sistem bila adanya umpan balik.
Kesimpulan
Jadi
pembelajaran sebagai sistem adalah
serangkaian kegiatan yang dilakukan guru dimana guru berperan sebagai sumber belajar sehingga
seorang pengajar mampu mengelola komponen dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
dan diharapkan terjadinya feedback. Komponen-komponen tersebut ialah : kurikulum,
guru, siswa, metode, media dan evaluasi. Komponen – komponen tersebut saling
berkaitan antara satu sama lain, apabila salah satu komponen tersebut tidak ada
maka pembelajaran tidak akan optimal.
Komentar
Posting Komentar