18 pendidikan karakter

Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter


Pengertian Pendidikan Karakter

Karakter ini bias berbentuk baik maupun buruk. Karakter yang ingin diwujudkan oleh bangsa Indonesia merupakan karakter yang baik dan bisa berjalan sejalan dengan tantangan dan perubahan zaman. Pendidikan karakter ini dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, dan moral. Di sinilah pentingnya pendidikan bagi manusia yang seimbang untuk mewujudkan karakter yang kokoh dan unggul pada diri generasi penerus.





18 Nilai-Nilai Pendidikan Karakter 

nilai nilai pendidikan karakter untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa, yaitu : 



1. Religius
 Merupakan sikap dan perilaku yang emegang teguh dalam memahami ajaran agamanya dan menjauhi laranganya serta toleran terhadap agama lain serta hidup rukun dan berdampingan dengan pemeluk agama lain

2. Jujur  
Merupakan  sikap dan perilaku antara pengetahuan, perkataan dan perbuatan dengan upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya untuk menghindari keburukan, sehingga menjadikan orang yang bersangkutan sebagai pribadi yang dapat dipercaya.

3. Toleransi 
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, ras, adat dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya dengan mengurangi mempertajam perselisihan karena perbedaan. Perilaku ini diwujudkan dengan penerimaan atas perbedaan, dan keragaman sebagai suatu kekayaan bangsa Indonesia  

 4. Disiplin
Tindakan  atau kebiasaan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.  menjauhi segala larangan yang buruk secara konsisten dan berkomitmen

5. Kerja Keras
yakni perilaku yang menunjukkan upaya secara sungguh-sungguh (berjuang hingga titik darah penghabisan) Mencurahkan segala kemampuan dan kemauan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai hasil yang diharapkan dengan tepat waktu dan berorientasi lebih pada proses dan perkembangan daripada berorientasi pada hasil dengan sebaik baiknya

 6. Kreatif
yakni sikap dan perilaku yang mencerminkan inovasi Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. Selalu mencari alternatif  dalam berbagai segi dalam memecahkan masalah, sehingga selalu menemukan cara-cara baru, bahkan hasil-hasil baru yang lebih baik dari sebelumnya

 7. Mandiri
sikap dan perilaku yang meyakini potensi diri dan melakukan tanggung jawab yang diembannya dengan penuh percaya diri dan berkomitmen tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas  maupun persoalan. Namun hal ini bukan berarti tidak boleh bekerjasama secara kolaboratif, melainkan tidak boleh melemparkan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain.

8.  Demokratis
 Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain dalam kedudukan yang sama. Ini dilakukan untuk memberikan pengakuan secara setara dalam hak berbangsa dan kewajiban secara adil dan merata antara dirinya dengan orang lain.
      
      9. Rasa Ingin Tahu   
  yakni cara berpikir, sikap, dan perilaku yang mencerminkan penasaran dan keingintahuan terhadap segala hal yang dilihat, didengar, dan dipelajari secara lebih mendalam dan meluas dalam berbagai aspek terkait.

10. Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentinganindividu atau golongan. Suatu sudut pandang yang memandang dirinya sebagai bagian dari bangsa dan negaranya yang mewujudkan sikap dan perilaku yang akan mempertahankan bangsa dari berbagai ancaman

11. Cinta Tanah Air
yakni sikap, perilaku, berfikir dan perkataan yang mencerminkan rasa bangga, setia, peduli, , perasaan,  dan penghargaan yang tinggi terhadap aspek sosial, fisik budaya, ekonomi, dan politik dari bangsa dan negaranya, sehingga tidak mudah menerima tawaran bangsa lain yang dapat merugikan bangsa sendiri.

12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan sikap terbuka terhadap prestasi orang lain dan mengakui kekurangan diri sendiri tanpa mengurangi semangat berprestasi yang lebih tinggi


13. Komunikatif
yakni sikap dan tindakan terbuka yang ditunjukan dengan senantiasa menjaga hubungan baik terhadap orang lain melalui komunikasi yang santun sehingga tercipta kerja sama secara kolaboratif dengan baik dan yang positif antar individu dalam suatu kelompo.

14. Cinta Damai
Sikap dan tindakan yang yang mencerminkan suasana damai, aman, tenang, dan nyaman dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, selalu mengutamakan kesatuan rasa perwujudan harmoni dalam lingkungan yang majemuk multicultural dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
 
15. Gemar Membaca
Kebiasaan dengan tanpa paksaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya guna membaca berbagai informasi, baik buku, jurnal, majalah, koran, dan sebagainya. Rasa ingin meningkatkan pengetahuan dan pemahaman melalui gemar mencari informasi baru lewat bahan bacaan maupun mengajak masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk memupuk perasaan gemar membaca ini.


16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan atau kepekaan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaik, melestarikan alam. Kepekaan ini kemudian terwujud dalam tindakan, perasaan, dan perbuatan yang berulang-ulang dan menjadi kebiasaan dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang di sekitarnya


17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu peduli memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.  

18. Tanggung Jawab
Menyadari sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa








Sumber rujukan :
 Kementerian Pendidikan Nasional, dalam Suyadi. 2013. Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal 8-9

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN HANNAFIN DAN PECK

12 prinsip prinsip pembelajaran menyenangkan

Domain Pembelajaran Afektif